RSS

Kubus

08 Apr

Kubus adalah bidang enam beraturan atau heksaeder (hex = enam, edra = bidang)

Kubus merupakan  sebuah benda ruang yang dibatasi oleh enam bidang datar yang masing-masing berbentuk persegi yang sama dan sebangun.

Enam buah persegi pada kubus disebut bidang batas atau bidang sisi kubus, yang biasanya disingkat sisi kubus.

<!–

Sisi – sisi pada gambar di atas dalah ABCD, EFGH, ABFE, BCGF, CDHG dan ADHE. Sisi pada kubus, berpasang-pasangan dan dua buah sisi yang berpasangan disebut sehadap. Misalnya ABCD dengan EFGH.  Sisi ABCD  disebut bidang alas atau bidang dasar, sedangkan sisi EFGH disebut bidang atas atau bidang tutup. Sisi-sisi selain bidang alas dan bidang atas disebut sisi tegak.

Enam buah kubus, masing-masing dibatasi oleh 4 buah garis. Garis-garis yang merupakan batas sisi kubus disebut rusuk kubus.jadi, rusuk kubus merupakan garis persekutuan (perpotongan) antara dua buah sisi kubus. Misalnya rusuk AB merupakan perpotongan sisi ABCD dan sisi ABFE.

Pada kubus terdapat 12 rusuk. Kedua belas rusuk kubus tersebut dibatasi oleh titik ujung. Titik ujung ini disebut sebagai titik sudut kubus. Pada kubus, titik sudut merupakan persekutuan(perpotongan) tiga buah rusuk kubus atau persekutuan tiga buah bidang sisi kubus. Titik A merupakan persekutuang rusuk AB, AD dan AE, atau persekutuan bidang ABCD, ABFE dan ADHE.

Diagonal sisi adalah ruas garis yang menghubungkan dua buah titik ang berhadapan pada tiap sisi kubus. Sebagai contoh, AC dan BD merupakan diagonal sisi ABCD pada kubus ABCD.EFGH.

Diagonal ruang pada kubus merupakan ruas garis yang menghungkan antara dua biah titik sudut yang berhadapan pada sebuah kubus. Misalnya CE adalah salah satu diagonal ruang pada kubus ABCD.EFGH. Keempat diagonal ruang berpotongan di satu titik an titik itu disebuttitik pusat kubus.

Bidang diagonal sebuah kubus adalah bidang yang dibuat melalui dua buah rusuk yang berhadapan dalam kubus. Bidang BCHE merupakan salah satu bidang diagonal pada kubus ABCD.EFGH.

Jaring-jaring kubus adalah rangkaian enam buah persegi yang dapat membentuk sebuah kubus.

Sutu kubus jika dipotong menurut rusuk-rusuknya akan diperoleh berbagai macam bentuk rangkaian.

Untuk memudahkan kita dalam mengingat jaring-jaring kubus, kita gunakan pola-pola.

1. Pola 141 (ada 6 macam)

2. Pola 231 (ada 3 macam)

3. Pola 222 (ada 1 macam)

4. Pola 33 (ada 1 macam)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 8 April 2011 in geometri ruang

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: